Sejarah PPM > Yudha Putra

 
 
 
 
 
 
 
 

Yudha Putra

   Dalam upaya meningkatkan kualitas peranan PPM, maka ditingkat pusat, daerah dan cabang dapat dibentuk lembaga-lembaga sebagai alat kelengkapan organisasi yang berfungsi sebagai pelaksana program kerja organisasi (PPM) atas dasar profesi atau keahlian. Khusus sebagai pelaksana program kerja organisasi di bidang sishankamrata ditingkat pusat, daerah, dan cabang dibentuk Korps, Resimen dan Batalyon Yudha Putra. Dari uraian ini dapat dipahami bahwa semua lembaga dan Yudha Putra sebagai pelaksana program kerja tertentu dari organisasi merupakan bagian integral dari PPM dan secara hirarkis berada di bawah dan bertanggung jawab kepada organisasi (Pimpinan Organisasi)

   Dalam kaitannya dengan pimpinan Yudha Putra, dapat dikemukakan sebagai berikut :

  1. Ditingkat Pusat, Korps Yudha Putra dipimpin oleh Komandan Korps yang secara "ex- officio" dijabat oleh Ketua Umum Pimpinan Pus at PPM.
  2. Ditingkat Daerah, Resimen Yudha Putra dipimpin oleh Komandan Resimen yang secara "ex-officio" dijabat oleh Ketua Pimpinan Daerah PPM.
  3. Ditingkat Cabang, Batalyon Yudha Putra dipimpin oleh Komandan Batalyon yang secara "ex-officio" dijabat oleh ketua Pimpinan Cabang PPM.

   Keadaan yang demikian itu diciptakan, dengan maksud dan tujuan antara lain untuk menghindari kemungkinan terjadinya dualisme pimpinan, mempermudah dan memperlancar proses komunikasi dan koordinasi. Ketentuan lain mengenai Yudha Putra diatur tersendiri dalam peraturan organisasi.

 
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
ppmbali.info

Pilihan Bahasa